Apa itu GROW? GROW adalah kependekan dari Goals Reality Options Way/Will. Strategi atau metode GROW ini banyak digunakan untuk menemukan solusi-solusi atau mengarahkan negosiasi dengan konsumen atau partner. Mari kita bahas satu persatu.
GOALS – Tentukan apa tujuannya. Calon konsumen yang datang ke lokasi Anda tentu punya tujuan untuk membeli rumah. Nah tujuan Anda sebagai penjual adalah agar rumah Anda laku terjual. Maka galilah lebih dalam apa saja yang dibutuhkan oleh calon konsumen Anda. Misalkan dalam contoh kalimat berikut :
- “Kita ada beberapa tipe pak, ada tipe 36, 45, 60. Nah bapak kira2 minat yang tipe berapa?”
- “Mau Lokasi yang dimana pak ?
- “Mau cari yang DP berapa pak?”
- “Mau cari yang angsuran berapa pak?”
Ini beberapa contoh pertanyaan yang bisa menangkap jawaban atas realitas yang dimilikinya.
- “Sudah berkeluarga? Ada anak?” (agar tau jumlah personel dalam keluarga)
- “Bapak kerja dimana?” (agar tau kira2 penghasilan konsumen berapa)
- “Sekarang tinggal dimana pak?”
- “Suami istri bekerja ya pak?”
- “Kalau anak sudah 2, sebaiknya bapak ambil tipe 60. Karena tipe 60 itu ada 3 kamar tidur pak.”
- “DPnya memang agak besar pak, tapi bisa bapak angsur 10 kali. Jadi lebih ringan.”
- “Nah karena suami dan istri bekerja, nanti KPRnya bisa join income pak. Peluang lolosnya lebih besar!”
- “Bapak kan tinggal di Araya. Lingkungannya elite tuh pak. Berarti cocok dengan linkungan perumahan ini. Sama-sama elit!”
- “Gini aja pak, DP bisa saya usahakan diangsur 10 kali. Jadi bapak lebih ringan. Tapi booking sekarang ya pak!”
- “Harga ini hanya berlaku bulan ini. Bulan depan mungkin harga sudah naik dan di PT kami marketingnya ada sekitar 250 orang. "Beli Sekarang" saja pak, sebelum terjual ke orang lain.”
- “Tanda jadi sekarang bisa pak. Untuk mengunci lokasi atau blok Rumah agar tidak terjual ke orang lain.”